Honda Stream



1.1 Eksterior Depan
Halo, kali ini saya akan Review sebuah mobil keluarga 7 penumpang, tetapi dengan bodi dan Chassis seperti Sedan. Yap! Sebuah Honda Stream.


Honda Stream diperkenalkan ke dunia otomotif pada tahun 2000-an di Jepang. Dan masuk ke Indonesia pada tahun 2001. Saat masuk ke Indonesia, model dari H tegak ini hanya ada varian 1.7 VTEC dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 


Lalu setelahnya, PT. Honda Prospect Motor akhirnya memasukkan varian 2.0 i-VTEC yang hanya bertransmisi otomatis 5-percepatan tetapi dengan mode Shift-tronic. Shift-tronic disini maksudnya kita dapat memindahkan mode transmisi ke mode M (Manual) supaya kita dapat merasakan perpindahan seperti transmisi manual, tetapi dengan sistem komputer otomatis dan tanpa kopling.

Lalu pada tahun 2004, Honda Stream mengalami facelift, dimana ada perubahan pada cluster lampu depan, bumper dan grille, dan juga cluster lampu belakang. Dan khusus Varian 2.0 i-VTEC dapat perubahan bumper depan yang terlihat Sporty dan juga tambahan bodykit disekitaran body mobil.

Kali ini saya akan bahas varian 2.0 i-VTEC tahun 2005 facelift.
1.2 Eksterior Belakang


EXTERIOR

Pada bagian luar mobil yang tadi saya sudah jelaskan, varian ini sudah memilikin bumper dan grille yang terlihat Sporty, dan juga sudah kedapatan bodykit pada bagian fender bawah pintu dan dibelakang. Pada rodanya, mobil ini memiliki velg yang sama dengan varian 1.7 VTEC yakni 15 inch, tetapi hanya berbeda pada motif velg nya yang 2.0 cenderung menipis pada spoke nya. Untuk fitur sendiri, hanya mendapatkan foglamp daripada varian 1.7 yang belum dapat. Dan selebihnya masih sama dengan varian lain.

INTERIOR

1.3 Dasbor
Ke dalam mobil ini, jelas sangat kelegaannya, kabinnya sangat lapang sekali. Padahal tampak dari luar, mobil ini memiliki bodi yang cukup pendek. Pada dasbor nya sendiri, tidak terlalu tinggi, sehingga visibilitas cukup baik ke depan, dan juga karena ada kaca terpisah di pilar A, jadi sangat membantu untuk menjangkau bagian kanan atau kiri.


Kembali ke dasbor, desainnya tergolong seperti model Honda seangkatan, dengan desain knob AC yang sama, layout Head Unit yang hampir sama, hingga kisi AC nya. Namun perbedaan dengan varian bawahnya ada di AC, dimana pengaturan AC nya sudah Auto-Climate control, yang dapat menyesuaikan dengan suhu di dalam kabin. Dan juga tuas Transmisi nya, varian 2.0 sudah memiliki mode Manual, jadi kita hanya perlu menggeser dari D ke M, untuk merasakan sensasi membawa mobil manual dengan perpindahan sesuai keinginan kita, dengan menggeser tuas ke (+) atau (-). 
Untuk Head Unit, varian 2.0 sudah dapat 2 din dengan CD dan kaset input.
1.4 Kemudi

Lanjut ke bagian pengemudi, setirnya sudah dilengkapi dengan pinggiran kulit dan juga untuk modelnya sendiri berbeda dengan varian bawahnya. Dan juga Instrument Clusternya, varian 2.0 lebih sporting dengan amber warna merah dan mode optitron, jadi gelap jika mobil tidak menyala dan terlihat jelas jika dinyalakan. Tombol-tombolnya hanya ada pengaturan spion tetapi dengan tombol lipat elektrik. Dan pastinya sudah dilengkapi Power Window.

Pada kursi jok, semua sudah dilapisi kulit warna beige, dan khusus pengemudi, sudah dilengkapi pengaturan ketinggian kursi. Lalu bagian tengah, ada headrest, dan juga bagian tengah kursi sudah dilengkapi dengan armrest. Lalu bagian belakang, tanya menopang 2 penumpang tetapi sudah dilengkapi seatbelt, dan juga khusus varian 2.0 sudah dapat ventilasi AC untuk baris belakang.

1.5 Jok
Pada bagasinya, membukanya sukup mudah karena pintu bagasi yang pendek dan juga karena memiliki Ground Clearance yang tinggi, untuk memasukan barang mudah tanpa peru effort untuk mengangkatnya.











FITUR

Untuk varian 2.0, sudah dilengkapi :
-          Foglamp
-          Spion lipat elektrik
-          Dual Airbags
-          Rem cakram semua roda, dengan ABS, EBD, serta BA.
-          AC Auto-Climate dengan ventilasi tambahan di baris belakang
-          Jok kulit


No comments:

Post a Comment