![]() |
| 1.1 Eksterior Depan |
Halo, kali ini saya akan Review sebuah mobil keluarga 7
penumpang, tetapi dengan bodi dan Chassis seperti Sedan. Yap! Sebuah Honda
Stream.
Honda Stream diperkenalkan ke dunia otomotif pada tahun
2000-an di Jepang. Dan masuk ke Indonesia pada tahun 2001. Saat masuk ke
Indonesia, model dari H tegak ini hanya ada varian 1.7 VTEC dengan transmisi
manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Lalu setelahnya, PT. Honda
Prospect Motor akhirnya memasukkan varian 2.0 i-VTEC yang hanya bertransmisi
otomatis 5-percepatan tetapi dengan mode Shift-tronic. Shift-tronic disini
maksudnya kita dapat memindahkan mode transmisi ke mode M (Manual) supaya kita
dapat merasakan perpindahan seperti transmisi manual, tetapi dengan sistem
komputer otomatis dan tanpa kopling.
Lalu pada tahun 2004, Honda Stream mengalami facelift,
dimana ada perubahan pada cluster lampu depan, bumper dan grille, dan juga
cluster lampu belakang. Dan khusus Varian 2.0 i-VTEC dapat perubahan bumper
depan yang terlihat Sporty dan juga tambahan bodykit disekitaran body mobil.
Kali ini saya akan bahas varian 2.0 i-VTEC tahun 2005
facelift.
![]() |
| 1.2 Eksterior Belakang |
EXTERIOR
Pada bagian luar mobil yang tadi saya sudah jelaskan, varian
ini sudah memilikin bumper dan grille yang terlihat Sporty, dan juga sudah
kedapatan bodykit pada bagian fender bawah pintu dan dibelakang. Pada rodanya,
mobil ini memiliki velg yang sama dengan varian 1.7 VTEC yakni 15 inch, tetapi
hanya berbeda pada motif velg nya yang 2.0 cenderung menipis pada spoke nya.
Untuk fitur sendiri, hanya mendapatkan foglamp daripada varian 1.7 yang belum
dapat. Dan selebihnya masih sama dengan varian lain.
INTERIOR
![]() |
| 1.3 Dasbor |
Ke dalam mobil ini, jelas sangat kelegaannya, kabinnya
sangat lapang sekali. Padahal tampak dari luar, mobil ini memiliki bodi yang
cukup pendek. Pada dasbor nya sendiri, tidak terlalu tinggi, sehingga
visibilitas cukup baik ke depan, dan juga karena ada kaca terpisah di pilar A,
jadi sangat membantu untuk menjangkau bagian kanan atau kiri.
Kembali ke dasbor, desainnya tergolong seperti model Honda
seangkatan, dengan desain knob AC yang sama, layout Head Unit yang hampir sama,
hingga kisi AC nya. Namun perbedaan dengan varian bawahnya ada di AC, dimana
pengaturan AC nya sudah Auto-Climate control, yang dapat menyesuaikan dengan
suhu di dalam kabin. Dan juga tuas Transmisi nya, varian 2.0 sudah memiliki
mode Manual, jadi kita hanya perlu menggeser dari D ke M, untuk merasakan
sensasi membawa mobil manual dengan perpindahan sesuai keinginan kita, dengan
menggeser tuas ke (+) atau (-).
Untuk Head Unit, varian 2.0 sudah dapat 2 din
dengan CD dan kaset input.
![]() |
| 1.4 Kemudi |
Lanjut ke bagian pengemudi, setirnya sudah dilengkapi dengan
pinggiran kulit dan juga untuk modelnya sendiri berbeda dengan varian bawahnya.
Dan juga Instrument Clusternya, varian 2.0 lebih sporting dengan amber warna
merah dan mode optitron, jadi gelap jika mobil tidak menyala dan terlihat jelas
jika dinyalakan. Tombol-tombolnya hanya ada pengaturan spion tetapi dengan
tombol lipat elektrik. Dan pastinya sudah dilengkapi Power Window.
Pada kursi jok, semua sudah dilapisi kulit warna beige, dan
khusus pengemudi, sudah dilengkapi pengaturan ketinggian kursi. Lalu bagian
tengah, ada headrest, dan juga bagian tengah kursi sudah dilengkapi dengan
armrest. Lalu bagian belakang, tanya menopang 2 penumpang tetapi sudah
dilengkapi seatbelt, dan juga khusus varian 2.0 sudah dapat ventilasi AC untuk
baris belakang.
![]() |
| 1.5 Jok |
Pada bagasinya, membukanya sukup mudah karena pintu bagasi
yang pendek dan juga karena memiliki Ground Clearance yang tinggi, untuk
memasukan barang mudah tanpa peru effort untuk mengangkatnya.
FITUR
Untuk varian
2.0, sudah dilengkapi :
-
Foglamp
-
Spion lipat elektrik
-
Dual Airbags
-
Rem cakram semua roda, dengan ABS, EBD, serta
BA.
-
AC Auto-Climate dengan ventilasi tambahan di
baris belakang
-
Jok kulit





No comments:
Post a Comment